Pencarian data pada lembar kerja dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi. Pada saat anda melakukan pencarian data, ada dua kemungkinan yang didapat yaitu data yang anda cari ditemukan atau kondisi ini disebut true dalam bahasa inggris disebut true. atau data yang dicari tidak ditemukan atau pada kondisi ini disebut salah atau dalam bahasa inggris disebut false.
Fungsi yang dapat digunakan terdiri dari dua kelompok yaitu fungsi pencarian dan fungsi referensi. Mari kita kenali lebih jauh satu per satu. Fungsi pencarian berarti mendapatkan data tentang sesuatu. salah satu fungsi pencarian dan referensi yang digunakan untuk mencari dan menampilkan data dari baris atau kolom referensi.
Berdasarkan nilai tertentu, fungsi look up terdiri dari fungsi Vlookup dan Hlookup, sedangkan fungsi reference berarti mengacu pada sesuatu. Referensi sel mengacu pada sel atau rentang dalam sel lembar kerja. Dan dapat digunakan pada rumus-rumus sehingga microsoft excel dapat mencari nilai atau data yang ingin kita hitung.
Rumus rumus data yang digunakan dalam pencarian data dapat berupa tabel satu dimensi maupun tabel dua dimensi. Tabel satu dimensi adalah tabel data yang disimpan dalam satu kolom saja, sedangkan tabel dua dimensi adalah tabel data yang disimpan dalam beberapa kolom. Sekarang kita akan kembali membahas fungsi LookUp. LookUp adalah fungsi yang disediakan oleh aplikasi lembar kerja, dalam hal ini Microsoft Excel, untuk mencari data dalam suatu rentang.
Jenisnya sendiri terbagi menjadi dua yaitu vilucap dan halucap. vilucap digunakan untuk menampilkan data dari tabel yang disusun dengan format vertikal atau menurun ke bawah sedangkan halukap digunakan untuk menampilkan data dari tabel yang disusun dengan format horizontal atau horizontal ke samping untuk lebih jelasnya. Perhatikan gambar berikut pada tabel pada gambar berikut datanya disusun secara vertikal atau menurun ke bawah. Hal ini ditandai dengan kepala kolom bertanda warna biru yang terletak di bagian atas dan data dari setiap kolom disusun menurun ke bawah.
Jika Anda menemukan tabel yang disajikan dalam bentuk seperti contoh berikut maka fungsi yang harus Anda gunakan adalah fungsi Vlookup. Rumus vlookup biasanya ditulis sebagai berikut. dengan tanda kurung Vlookup buka nilai pencarian koma atau titik koma sesuai excel kalian masing-masing diikuti dengan tabel array nomor indeks kolom koma dimana nilai LookUp menunjukkan nilai kunci tabel array menunjukkan letak tabel dan kolom nomor indeks menunjukkan nomor kolom di pertanyaan.
Sedangkan pada tabel pada gambar data ini disusun mendatar atau mendatar ke samping. Hal ini ditunjukkan dengan kepala kolom yang diberi tanda warna biru yang terletak di samping dan data dari setiap kolom ditulis secara horizontal ke samping. Jika anda menemukan tabel yang disajikan dalam bentuk ini maka fungsi yang wajib anda gunakan adalah fungsi Hlookup atau fungsi lulap horizontal, rumus halukap biasanya ditulis sebagai berikut, sama seperti Pencarian dalam tanda kurung. Nilai pencarian, koma atau titik koma, nomor indeks baris tabel array, dimana nilai pencarian menunjukkan nilai kunci, kemudian tabel array menunjukkan posisi tabel dan nomor indeks baris menunjukkan nomor baris. Itu semua untuk pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar